LaTeX Sejarah dan Cara Installasinya

LaTeX adalah bahasa markup atau sistem penyiapan dokumen untuk peranti lunak Tex. Tex merupakan program komputer yang digunakan untuk membuat typesetting suatu dokumen, atau membuat formula matematika. LaTeX memungkinkan penulis/penggunanya untuk melakukan typesetting dan mencetak hasil kerjanya dalam bentuk tipografi yag terbaik. Oleh karenanya LaTeX paling banyak digunakan oleh para matematikawan, ilmuwan, insinyur, akademisi, dan profesional lainnya. Pada awalnya LaTeX ditulis pada awal 1980-an oleh Leslie Lamport di SRI International. Versi paling mutakhir adalah LateX2e.

Sejarah Singkat Latex 
 
Tex adalah bahasa pemrograman yang diciptakan khusus dan menjadi bagian utama dari system pengaturan teks hasil pengetikan yang menghasilkan dokumen/publikasi teks dan matematis yang berkualitas. Teks diciptakan oleh Prof.Donald Knuth sekitar tahun 1978. Awalnya sekitar akhir tahun 1970 Prof.Donald Knuth menciptakan TEX untuk merevisi volume kedua dari magnum opusnya yaitu the art computer programming karena banyak symbol matematika yang tidak dapat dicetak dengan sempurna pada masalah itu.

Dalam perkembangan TEX  tersedia untuk berbagai macam komputer dan berbagai macam system operasi dan dirancang secara spesirik sehingga file masukkan (file yang mengandung perintah-perintah pengolah kata, ini bukan system WYSIWYG) akan menjadi portable dan menjadi keluaran yang sama disegala macam system operasi yang memprosesnya, pemenggalan kata yang sama, pergantian baris, pergantian halaman dll.

Pada tahun 1985 Leslie Lamport di Digital Equipment Corporation menciptakan LATEX. LATEX merupakan user interface dari TEX. Leslia menciptakan LATEX untuk mengotomatisasi semua perintah umum untuk menyiapkan sebuah dokumen. Dengan menggunakan Latex antara penulis dengan typesetter dapat dengan mudah menggunakan kemampuan pengaturan tulisan yang dimiliki oleh TEX tanpa harus memahami underlying language. LATEX sangat dianjurkan untuk semua orang kecuali professional typographic programmer dan peneliti computer yang ingin mempelajari TEX.

Saat ini LATEX dan TEX tersedia bebas di internet dan dapat digunakan oleh perorangan.
LATEX pada dasarnya program yang dibuat sebagai typesetting tool. Secara garis besar langkah pembuatan dokumen dengan LATEX adalah sebagai berikut: mula-mula dokumen diketik pada suatu teks editor, kemudian ditambahkan perintah-perintah LATEX untuk mengatur isi dokumennya. Setalah seluruh dokumen telah dilengkapi dengan perintah LATEXnya, dokumen tersebut harus dicompile untuk menghasilkan output berupa dokumen yang diinginkan. Hasil dokumen tersebut dapat berupa dokumen *pdf, *dvi, atau *ps.
 
Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Latex

Beberapa keuntungan menggunakan LaTeX ialah :
  1. Memiliki format dokumen yang terstruktur sehingga membuat dokumen terlihat sangat profesional dan sempurna.
  2. Segala jenis formula matematis dapat dituliskan dengan mudah.
  3. List gambar, List tabel, Daftar Pustaka, footnote bahkan daftar isi dapat secara otomatis dibuat oleh program.
  4. LaTeX melatih dan memaksa pengguna untuk membuat dokumen dengan struktur yang baik dan benar, sehingga tidak terjadi kerancuan dalam penulisan.
Kerugian menggunakan LaTeX :
  1. Sangat sulit untuk menuliskan dokumen yang tidak terstruktur.
  2. Memerlukan kecerdasan manusia.

Kelas dokumen pada latex :
  • report               : digunakan untuk membuat laporan (report).
  • article              : digunakan untuk membuat paper, artikel sebuah jurnal atau majalah.
  • book                : digunakan untuk mebuat buku dan thesis.
  •  letter                : digunakan untuk membuat surat. 

Package yang tersedia pada latex :
  • graphicx      : membuat Latex mampu menampilkan gambar yang kita sertakan dalam dokumen.
  • hyperref           : dapat menghasilkan dokumen yang memiliki dynamic link ke alamat tertentu
  • babel                : dapat mengenali format bahasa yang digunakan. 
  • color             :  dapat menghasilkan teks dokumen yang memiliki warna sesuai warna yang diinginkan.
  • makeidx          : dapat menghasilkan indeks dari dokumen yang dibuat.
 
Untuk dapat menggunakan LATEX dalam lingkungan Microsoft Windows ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelumnya, diantaranya adalah:
  • Paket instalasi LATEX dalam hal ini digunakan small miktex 2.4.1705. Paket instalasi miktex 2.4.1705 setelah diinstal nantinya akan dipakai sebagai generator dokumen yang sudah diformat menggunakan bahasa pemrograman yang dimiliki LATEX.
  • Tex editor-misalnya yang sudah ada pada Microsoft Windows yaitu notepad. Pada prinsipnya dokumen yang sudah diatur isinya menggunakan LATEX cukup dituliskan dengan menggunakan text editor saja. Semua dokumen beserta pengaturan teksnya dituliskan dalam satu dokumen tunggal dengan ekstensi *tex. 
  • Antarmuka grafis user dengan LATEX dalam hal ini digunakan Texnicenter1 ver.Beta 6.31. Antarmuka grafis ini digunakan untuk memudahkan user manggunakan perintah-perintah LATEX dengan menggunakan TEXnicenter beberapa perintah sudah disediakan shortcurtnya sehingga user tidak perlu mengetikan lagi perintah tersebut dalam dokumennya, cukup memilih perintah yang diinginkan maka TEXnicenter yang akan mengetikan perintah tersebut. Jauh lebih afisien menggunakan TEXnicenter sebagai pengganti text editor biasa.
Sumber :

http://sellyinthewords.blogspot.co.id/2010/11/sejarah-latex.html
https://id.wikipedia.org/wiki/LaTeX 
 

Related Posts:

0 Response to "LaTeX Sejarah dan Cara Installasinya"

Posting Komentar