Membuat Kabel Jaringan LAN RJ-45

Untuk membangun sebuah jaringan LAN, kita pasti membutuh kan kabel jaringan yang digunakan untuk menyambungkan router dengan komputer. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara pembuatan kabel jaringan LAN. 

Apa saja hal yang di butuhkan untuk membuat kabel jaringan LAN ini ?

  • Pertama kita memerlukan RJ-45
Apa ada yang sudah mengetahui apa itu RJ-45? Kalo belum tahu, coba kita perhatikan gambar dibawah ini.
  • Kedua kita butuh kabel UTP/ Kabel LAN

Kabel UTP/ kabel LAN ini didalamnya terdapat 8 kabel kecil yg setiap kabel memiliki bungkus dengan warna berbeda. Adapun warna-warnanya seperti gambar selanjutnya. 


Ini merupakan contoh warna kabel UTP. Jika ingin memasangkan kabel UTP ini ke RJ-45, kita harus memerhatikan urutan warna kabel tersebut, karena jika ada salah satu urutan kabel yg salah, jaringannya pun nanti tidak akan berfungsi. Adapun urutannya seperti gambar di samping ini, mengurut kabelnya di mulai dari kiri :
1. Putih Oranye - Oranye
2. Putih Hijau - Biru
3. Putih Biru - Hijau
4. Putih Cokelat - Cokelat






  • Ketiga, Crimping Tools
Crimping Tools ini mempunyai banyak fungsi, seperti : untuk memotong kabel, mengupas bungkus kabel, dan ngepress RJ-45 yg telah di pasangi kabel UTP.

Langkah-langkah membuat kabel LAN

1. Siapkan dulu peralatan yang akan di gunakan, RJ-45, Kabel UTP, Crimping Tools.

2. Kupaslah terlebih dahulu bungkus kabel UTP yg membungkus kabel-kabel kecil yg terdapat didalamnya. Kira-kira 2cm kita mengupasnya. dengan menggunakan crimping tools.

Perhatikanlah gambar disamping ini, bagian yg dilingkari warna merah adalah bagian Crimping Tolls yanjg di gunakan untuk mengupas bungkus Kabel UTP






 
 
3. Karena kabel-kabelnya masih terlilit, coba lepaskanlan lah lilitan kabel2 tersebut, dan cobalah lah untuk merapihkannya agar lebih mudah untuk menyusun kabelnya.

4. Jika sudah, urutkanlah kabel-kabel tersebut sesuai dengan urutannya. Mengurutnya di mulai dari kiri ya, coba perhatikan urutannya pada gambar di bawah ini :

1. Putih Oranye - Oranye
2. Putih Hijau - Biru
3. Putih Biru - Hijau
4. Putih Cokelat - Cokelat


 
 
 
5. Setelah diurutkan, rapihkan lah kabel-kabelnya dengan cara menekan-nekan bagian yg dekat dengan pembungkus kabel agar kabel terlihat rata.

6. Potonglah ujung kabel yg tidak rata, agar menjadi rata dengan menggunakan crimping tools. Usahakan jangan sampai gagal untuk mengefisiensikan kabel yg di gunakan.



Inilah bagian Crimping Tools yg di gunakan untuk memotong kabel UTP nya. Pada saat memotong usahakan sambil memgang kabel yg berbatasan langsung dengan pembungkus kabel. Hal ini dimaksudkan agar saat memotong kabel di bergerak dan melenceng.







7. Jika posisi kabel tidak berubah, kita bisa memasukan kabel UTP nya ke RJ-45. Saat memasukan kabel UTP nya kita harus terus memerhatikan apakah posisi kabel berubah. Jika tidak, terus tekan hingga ujung-ujung kabel UTP semuanya menyentuh ujung RJ-45. Jadi saat kita melihat di ujung RJ-45 itu, kita bisa melihat warna ke emasan tembaga.


 
Sebaiknya saat mau memasukan Kabel UTP ke RJ-45, posisi RJ-45 seperti ini, menghadap ke kita.









8. Jika sudah yakin posisi kabel benar-benar betul, kita bisa mengepress RJ-45 nya dengan menggunakan Crimping Tools.
Gambar disamping adalah bagian Crimping Tools yg di guanakan untuk mengepress RJ-45. Saat mengepress kita harus menggunakan sekuat tenaga kita, sampai RJ-45 berbunyi klik.


 
 
 
9. Jika sudah di press pastikan dulu semuanya sempurna hehe :D
Jika sudah, lakukanlah hal yg sama untuk ujung kabel UTP yg satunya lagi.











10. Jika ingin mencoba hasil kerja keras anda, kita bisa bisa mengetesnya ke LAN terster untuk memastikan apakah sudah benar hasil kerja anda.
 
Sekian dari saya, terima kasih/thank you/merci/arigatou.
Ciaooo Bella... 

Related Posts:

0 Response to "Membuat Kabel Jaringan LAN RJ-45"

Posting Komentar