Mobile Device dan Aplikasi Mobile Pada Java

Apa yang dimaksud dengan Aplikasi Mobile dan Mobile Device?

Aplikasi Mobile adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan anda melakukan mobilitas dengan menggunakan perlengkapan seperti PDA, telepon seluler dan Handphone.

Mobile Device adalah alat penghitung (computing device) yang berukuran saku, ciri khasnya mempunyai layar tampilan (display screen) dengan layar sentuh atau keyboard mini. 



Lalu tujuan dari pembuatan Aplikasi Mobile dan Mobile Device itu untuk apa?

Tujuan utama mobile device adalah untuk komunikasi suara antarjaring- an selular. Namun seiring perkembangan waktu kini mobile device tidak hanya di gunakan untuk komunikasi saja, Anda dapat dengan mudah melakukan berbagai macam aktifitas mulai dari hiburan, berjualan, belajar, mengerjakan pekerjaan kantor, browsing dan lain sebagainya.

Dalam Java, komponen-komponen aplikasi mobile terdiri dari apa saja? 

Alert

Alert adalah User-Interface yang ditujukan untuk menyampaikan pemberitahuan kepada user dalam selang waktu tertentu sebelum diproses tampilan berikutnya

Alert dapat terdiri dari text string (untaian kata) dan image (gambar). Visualisasi dari Alert dapat diatur berdasarkan tipe dari pemberitahuan-nya. Kecenderungan penggunaan Alert adalah untuk memberitahu user tentang suatu kesalahan (errors) dan kondisi lain yang tidak biasa (exception). 
 







SMS Komposer


SMS Komposer adalah komponen yang menyediakan suatu mekanisme dan user interface untuk mengirim pesan singkat meng-gunakan Short Message Service (SMS).











Wait Screen 

Aplikasi Java ME sering membutuhkan koneksi ke jaringan untuk bekerja dengan baik. Sayangnya, jaringan nirkabel masih relatif lambat. Sebuah gambar wait screen menunggu jaringan terkoneksi atau untuk mentransfer data anda, kadangkala kita bertanya apakah ada masalah dengan layar atau lebih baik kita tutup telepon dan mencoba sekali lagi atau tidak mencoba sama sekali. Jadi bagaimana caranya agar pelanggan tidak kesal atas kebiasaan yang sering terjadi ini

Jawabannya adalah dengan menambahkan “wait screen”. Dengan gambar wait screen mengharapkan user menunggu jaringan terkoneksi atau menampilkan pesan pada layar untuk memberitahu user bahwa aplikasi ini masih bekerja sebagaimana dimaksud. 






File Manager 

 
 
Manajer berkas (file manager atau file browser) adalah sebuah perangkat lunak yang menyediakan antarmuka untuk bekerja dengan sistem berkas. Perangkat lunak ini sangat berguna untuk mempercepat interaksi dengan berkas. Pekerjaan yang umum yang berhubungan dengan berkas adalah membuat, membuka, menyunting, melihat, mencetak, memainkan, mengubah nama, memindahkan, menyalin, menghapus, mengganti atribut, mencari dan mengubah izin penggunaan. 




Sumber :






Related Posts:

0 Response to "Mobile Device dan Aplikasi Mobile Pada Java"

Posting Komentar